Detective Conan

SINOPSIS

Shinichi Kudo, detektif siswa SMA yang memiliki kemampuan dalam menganalisa kasus-kasus kriminal sehingga disebut sebagai Penyelamat Kepolisian Jepang. Namun ia terkena suatu masalah besar ketika tiba-tiba dirinya menjadi mengecil setelah meminum obat misterius (yang kemudian diketahui adalah racun berkode APTX 4869) yang dicekoki oleh sepasang pria berjubah hitam misterius dengan codename Gin dan Vodka. Saat kejadian itu Shinichi dan Ran Mouri sedang berkencan di Tropical Land, kemudian Shinichi bertemu dengan dua orang yang mencurigakan, dan Shinichi pun membuntuti mereka, karena keasyikan mengintip transaksi gelap yang dilakukan Vodka dengan seorang usahawan, tanpa sadar Shinichi dipukul oleh Gin, dan dicekoki obat misterius yang dimaksud untuk membunuh Shinichi.

Namun ternyata obat tersebut tidak membunuh Shinichi, melainkan terjadi efek samping dari obat tersebut yang mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti bocah berusia tujuh tahun.

Shinichi, kemudian atas saran dari Profesor Agasa, mengganti namanya menjadi Conan Edogawa, (nama Conan berdasarkan tulisan romaji dari pengarang buku detektif terkenal Sherlock Holmes, Sir Arthur Conan Doyle, dan Edogawa Ranpo) mulai mencari tahu seluk beluk lelaki organisasi misterius tersebut, pada akhirnya Conan tinggal rumah teman sejak kecilnya, Ran Mouri yang tidak mengetahui jati diri sang detektif.

Karena mengecilnya tubuh Shinichi, pada mulanya analisis Conan sama sekali tidak dipercaya karena dianggap sebagai anak kecil, sehingga pada akhirnya Conan terpaksa membuat ayah Ran, Kogoro Mouri yang merupakan seorang detektif payah untuk memecahkan berbagai kasus kejahatan, dengan harapan dapat melacak jejak organisasi tersebut dari kediaman Mouri.

Hingga jilid ke-49 anggota organisasi berbaju hitam yang memiliki nama sandi berupa nama-nama minuman keras yang telah ditampilkan Aoyama Gosho adalah Gin, Vodka, Vermouth, Pisco, Tequilla, Calvados, Chianti, Keel, Coroon, Sherry serta big boss yang selalu ditampilkan secara blur/kabur.

Conan pernah kembali jadi Shinichi, tapi waktu berubahnya hanya sementara dan tidak bisa diprediksi. Waktu itu dia flu dan dikasih sake oleh Heiji, ternyata sake dan virus flu itu bereaksi satu sama lain. Setelah dicoba, ternyata gak bisa lagi, karena tubuh Conan sudah memproduksi antivirusnya (istilahnya sudah kebal). Ai Haibara (salah satu kawanan jubah hitam bagian penelitian – meminum serum yang sama dengan Conan dan akhirnya mengecil, code name : Sherry ) membuat sebuah serum pengembali badan. Tapi serum ini masih dalam percobaan , hanya bisa bertahan sementara dan rasio kegagalan dengan hasil kematian sangat tinggi. Intinya, Conan/Shinichi gak bisa berubah kembali seperti semula dengan seenaknya.

1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s